Kamis, 30 Maret 2017

-HOXS atau HOAKS-

Sekarang ini sebagian orang berpikir pengucapan kata HOAX yang benar adalah HOXS, Sehingga jika seseorang mengucapkan HOAX dengan Ejaan HOAKS dianggap salah dan kurang wawasan.

Menurut saya, pengucapan yang benar untuk kata HOAX adalah HOAKS bukan HOXS. sama seperti MEME yang di negara asalnya diucapkan dengan MEIM namun di negara kita seharusnya pengucapan yang benar adalah MEME.

Kata berbahasa asing harus melalui proses PENG-INDONESIA-AN agar bisa dikatakan sebagai kata serapan.
Dalam hal ini lah peran penting Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (dulu dikenal dengan nama Pusat Bahasa).

Proses pembentukan sebuah istilah berbahasa asing kedalam bahasa Indonesia harus malalui tiga tahap :

1.PROSES PENERJEMAHAN, proses ini memakai metode menerjemahkan kata berhasa asing kedalam bahasa indonesia dan memberi padanan kata yang pas misalnya MOUSE menjadi TETIKUS atau OUTLET menjadi GERAI

2.PROSES ADAPTASI, adalah proses dimana sebuah kata berbahasa asing diadaptasi kedalam bahasa Indonesia dengan menyesuaikan ejaan, Misalnya OPTION menjadi OPSI

3.PROSES ADOPSI, adalah proses dimana satu kata berbahasa asing yang tidak dapat diterjemahkan dan tidak memungkinkan untuk penyesuaian ejaan. Contohnya BUS yang dinegara asalnya dibaca dengan BAS, tapi di Indonesia harus dibaca BIS.

Kata berbahasa asing HOAX lebih tepat dimasukkan kedalam proses ADOPSI dan jika di Indonesiakan akan menjadi HOAKS.
Proses Adopsinya adalah mengambil induk kata HOAX dan mengganti hurup "X" dengan "KS" sebab negara Indonesia tidak mengenal Konsonan "X",
contoh HOAX ini sama seperti kata berbahasa asing EXTRA yang diadopsi menjadi EKSTRA.

Jadi jika selama ini  Anda di ejek orang karena mengucapkan HOAX dengan ejaan HOAKS, tidak usah minder sebab apa yang Anda ucapkan sudah BENAR. HOXS adalah pengucapan berbahasa asing untuk HOAX sedangkan untuk bahasa Indonesia yang benar seharusnya HOAKS.

Contoh lain yang sering menjadi tertawaan orang adalah pengucapan BANG untuk kata berbahasa asing BANK. Sebagian orang mengucapkan BENG meniru asal negara kata berbahasa asing BANK tersebut dan mereka sering menertawakan kita saat mengucapkan BANG, padahal sebenarnya pengucapan  yang benar adalah BANG.

Jadi begitu teman, jika Anda selama ini mengucapkan MEME, HOAKS dan BANG itu sudah sesuai dengan peraturan dan proses kata serapan berbahasa asing.

Selamat pagi, Semoga bermanfaat ya....

Saya Marulak Sinurat

Copyright2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar