Kamis, 16 Februari 2017

-AIR MINERAL DALAM KEMASAN-

Saat berada disebuah swalayan, teman saya berkata ada minuman palsu di rak pajang, lalu saya penasaran minta ditunjukan.
Saya bilang itu bukan palsu, itu asli tidak ada yang salah dengan itu.
Lalu teman saya berkata mengapa merek sama besarnya sama tapi tingginya beda ?

Nah tertarik dengan pertanyaan teman tersebut saya coba posting tentang apa yang dinamakan ‘NECK’ pada botol kemasan.
Jika anda melihat satu merek minuman botol berada dalam satu rak lalu anda melihat tingi botolnya berbeda, tidak perlu takut ada kecurangan disitu, berikut saya akan jelaskan mengapa seperti itu.

Industri Plastic Packaging tidak akan pernah berhenti berinovasi dan berkreasi,dari tahun ke tahun banyak sekali perubahan yang terjadi baik dalam kemasan maupun dalam design.
Untuk Botol AMDK (Air Mineral Dalam Kemasan) harus terbuat dari PET (lihat angka 1 di logo segi tiga pada bottom), design untuk botol ini pesat sekali perkembangannya mulai dari bentuk kotak, persegi, bulat, bergelombang dll. 

Dalam design botol AMDK tersebut ada istilah SHORT NECK dan LONG NENCK
-LONG NECK adalah design awal botol kemasan dengan tinggi 18.35 -18.65 mm, standart ini sama berlaku diseluruh dunia.
- SHORT NECK adalah design alternatif dengan tinggi 10.50-11.50 mm, standart ini juga sama berlaku diseluruh dunia.

Tinggi Neck botol ini yang akhirnya dimanfaatkan sebagai solusi atau alternatif menyiasati kenaikan harga plastic/biji plastic.
Anda bisa banyangkan berapa biaya yang bisa dihemat dari margin 8 mm antara kedua type Neck tersebut, jika dikonversikan ke satuan gram selisih tersebut bisa menghemat 2-3 gram per pcs, dan jika 3 gram tersebut dikonversikan kedalam rupiah tentunya angka penghematan masing masing suplier dan customer akan semakin bagus.
Secara fungsi bagian neck ini tidak akan berpengaruh kepada volume/isi kemasan sebab perhitungan isi/volume dimulai dari BOTTOM  hingga 26-30 mm dibawah TOP pada are shoulder.

Perhatikan Gambar A dan B.
saya sengaja gambar kedua botol dalam keadaan kosong dan tanpa Caps agar anda dapat membedakan.
kedua botol ini jenisnya sama, volumenya sama 600 Ml,tapi memiliki Neck yang berbeda, A adalah LONG NECK dan B adaah SHORT NECK.

Nah , jika anda menemukan satu merek AMDK dengan  spesipikasi yang sama tetapi memiliki tinggi yang berbeda, jangan takut sebab kedua jenis tersebut  tidak ada masalah, anda sebagai konsumen tidak akan dirugikan dengan penggunaan kedua type Neck botol tersebut.

sebagai tambahan, saya mau beri TIPS untuk anda semua, berhubung dengan kebijakan pemerintah untuk mengurangi penggunaan plastik, maka dalam beberapa tahun belakangan ini produsen AMDK tidak memakai seal plastic lagi pada cap/tutup botol.
Jadi visual minuman tersebut hanya berupa kemasan dengan tutup botol tanpa seal, kondisi ini sah dan resmi serta aman.
yang perlu anda perhatikan Saat anda berada di tempat wisata atau dikeramaian dan anda berniat membeli minuman mineral perhatika dengan seksama kondisi caps/tutup botol  apakah sempurna.
Tutup botol yang baik terdiri dari 3 bagian : body,segel dan ring segel.
Ketiga bagian ini terbuat dari bahan yang sama dan sewarna.

Beberapa orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan objek wisata yang ramai pengunjung untuk mencari untung. biasanya mereka melakukan hal ini :
-mereka memungut botol kosong yang masih utuh dari mana saja
-lalu mereka membeli air mineral isi ulang seharga  Rp.4.500 per gallon
-lalu mereka isi air isi ulang tersebut kedalam botol pungutan tersebut tadi
-untuk mengelabui pembeli ,mereka tek segel botol yang sudah putus dengan menggunakan pipet sedotan.
Anda bisa praktekan sendiri di rumah, ambil botol kosong , lalu bakar pipet sedotan dan tek ke bagian segel untuk menyatukan body dan ring segel.
hasil kecurangan ini tidak akan sempurna sebab tidak senyawa, anda akan sangat mudah melihat ada kejanggalan disitu (JIKA ANDA TELITI).
TIPS ini untuk mengingatkan anda harus teliti membeli AMDK di tempat tempat wisata, selain rugi materi anda juga terancam rugi kesehatannya.
SATU lagi, selesai menggunakan Botol AMDK, Remas atau rusakan botol tersebut agar tidak bisa dimanfaatkan orang orang licik.

Semoga postingan saya ini bermanfaat ya dan BAGI ANDA YANG MEMILIKI USAHA RUMAHAN DAN INGIN MEMBELI PRODUCT BOTOL AMDK,OIL,SAUCE,JUICE,YOGHURT ALL SIZE Silahkan hubungi saya di Inbox.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar