Senin, 20 Februari 2017

-BANDARA SILANGIT-

Pertumbuhan dan percepatan pembangunan di Danau Toba dan kawasan Tapanuli ternyata membawa sisi lain yaitu Bursa pencalonan NAMA BARU BANDARA SILANGIT.
banyak kepentingan dan banyak nama yang muncul mewakili tokoh beredar dan jika tidak disikapi dengan baik PEREBUTAN NAMA ini bisa memicu konflik lain dan tidak tertutup kemungkinan terjadi perpecahan.

Kalau pendapat pribadi Saya, nama yang paling Baik untuk bandara tersebut tetap seperti nama saat ini yaitu BANDARA SILANGIT atau boleh diberi embel embel INTERNATIONAL jika kelak memang bertaraf internasional.

Tentunya ada beberapa hal pertimbangan mengapa fasilitas umum terbatas itu harus diberi nama tempat/lokasi dimana fasilitas itu didirikan.

Menurut Saya Bandara adalah sebuah FASILITAS UMUM TERBATAS.
dikatakan UMUM karena digunakan untuk semua masyarakat dan disebut TERBATAS karena tidak ada disemua tempat.
Proses pemilihan satu tempat/lokasi untuk dijadikan cikal bakal sebuah bandara tentunya melalui proses panjang dan Banyak pertimbangan ilmiah, teknis, geografi dll. 
Jadi sudah sangat netral dan nasionalis jika SATU DAERAH yang beruntung terpilih menjadi lokasi Bandara menjadi NAMA BANDARA tersebut.

Tanpa mengurangi rasa hormat Saya kepada pahlawan dan tokoh tokoh publik di BONA PASOGIT, sebaiknya penggunaan nama tokoh itu disematkan di jalan raya saya sebab dalam satu provinsi ada ribuan jalan raya yang tentunya akan memberi peluang besar untuk nama nama tokoh tersebut diabadikan menjadi nama jalan raya dan bisa jadi nama satu tokoh bisa ada di lebih dari satu jalan raya dalam sebuah provinsi.

Saya masih ingat bagaimana tidak sehatnya dulu Bursa pencalonan nama untuk Bandara pengganti POLONIA Medan, sudah ada unsur SARA dan kepentingan golongan bermain saat itu. semua oknum yang mewakili kepentingan NAMA sama sama merasa paling BENAR dan paling tepat nama mereka yang digunakan. Menjurus ke aras SARA, itu NYATA.
Syukurnya pemerintah provinsi Sumatra Utara sangat bijaksana untuk memberi nama bandara tersebut dengan nama KUALANAMU INTERNASIONAL AIRPORT.

Begitu akka dongan di BONA PASOGIT, jadi menurut Saya lebih TEPAT jika diberi nama BANDARA SILANGIT atau SILANGIT INTERNASIONAL AIRPORT jika kelak berkembang menjadi bandara Internasional.

NETRAL dan MEWAKILI DAERAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar