Minggu, 20 November 2016

_MANGGA SIBANDANG-

PULAU SIBANDANG adalah salah satu sisa letusan gunung supervulkanik Toba, pulau ini masih berada dalam kawasan perairan DANAU TOBA dan merupakan pulau berpenghuni terbesar kedua di Danau Toba setelah Pulau Samosir,Secara administratif Pulau ini berada di Kabupaten Tapanuli Utara.
PULAU SIBANDANG di Kabupaten Tapanuli Utara dapat ditempuh menggunakan kapal dari Balige Kabupaten Toba Samosir selama kurang lebih 2 jam perjalanan.
Danau Toba dimiliki oleh 7 Kabupaten yakni Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Tanah Karo, Kabupaten Dairi, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Humbang Hasundutan dan Kabupaten Samosir.

PULAU SIBANDANG adalah sentra buah Mangga yang sangat terkenal, sangkin terkenalnya diberilah nama MANGGA SIBANDANG. 
Sebelum MANGGA SIBANDANG populer, terlebih dahulu MANGGA TOBA yang dikenal masyarakat NON SUKU BATAK. 
MANGGA TOBA adalah istilah yang diberikan warga lokal kepada parietas Mangga tertentu yang memang banyak Tumbuh liar maupun dibudidayakan di Pulau Samosir. 
Aslinya pohon mangga Toba ini adalah tumbuhan liar karena tanpa ditanam dan dirawat pun tumbuhan ini akan tumbuh subur. 

MANGGA SIBANDANG tidak disebut mangga Toba karena memang berada di Pulau yang berbeda.
Bentuk kedua mangga ini hampir sama, ukurannya juga sama sama kecil, hanya saja warna kulit MANGGA SIBANDANG lebih kuning dan cerah dibanding MANGGA TOBA, rasa nya juga lebih manis. 
Akses transportasi penyeberangan ke pulau samosir yang memang lebih dulu dibuka menjadi salah satu faktor penyebab mengapa MANGGA TOBA lebih populer dibanding MANGGA SIBANDANG. 
Tapi sebenarnya warga lokal harus bangga memiliki 2 jenis mangga istimewa ini sebab daerah lain tidak memiliki buah bangga jenis ini. 

Sedikit perbedaan antara MANGGA TOBA dan MANGGA SIBANDANG ini justru membuat kedua jenis mangga ini seperti KEMBAR yang TERPISAH.

Hayooo… gimana akka dongan… pasti kalian jadi ingin mencicipi MANGGA SIBANDANG bukan ???
Buat dongan yang merantau, manfaatkan libur Natal dan Tahun baru tahun ini untuk Visit to PULAU SIBANDANG, maka Akka dongan akan merasakan sensasi menikmati buah MANGGA SIBANDANG yang manis sekali. Selain itu akka dongan juga akan merasakan pesona Danau Toba dari sisi BALIGE dan MUARA.
Pastinya akka dongan tau bahwa BaligeTobasa dan Muara Taput adalah DUA SPOT PALING EKSITIS di perairan Danau Toba…..
Horasss…..
MASIHKAH BELUM BANGGA JADI BATAK ???

**Dari berbagai sumber

Copyright 2016 
Marulak Sinurat




Tidak ada komentar:

Posting Komentar